Artikel
Apartemen Jaring Pasar Ekspatriat
SURABAYA Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur (Jatim) cukup tinggi

SURABAYA – Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur (Jatim) yang cukup tinggi meningkatkan harapan industri properti. Pada kuartal I 2016, perekonomian Jatim tumbuh 5,34 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasional yang hanya 4,92 persen. Hal tersebut tentu menarik bagi investor asing.

’’Kami melihat minat investasi asing di sektor riil di Jatim sangat bagus. Tentu hal itu akan mendatangkan banyak ekspatriat (pekerja asing, Red) sehingga berpeluang untuk ditangkap industri properti,’’ kata Dirut Bersatu Sukses Group Sabar Santoso akhir pekan lalu.

Para ekspatriat tersebut akan sering keluar masuk Jatim melalui Bandara Juanda. Surabaya sebagai daerah ring I masih punya peluang untuk menangkap pasar itu. Sabar menjelaskan, Surabaya mempunyai kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) yang menjadi lokasi investasi asing.

Namun, ekspatriat masih sulit mencari hunian di dekat kawasan industri. ’’Banyak ekspatriat yang memilih tinggal di Surabaya Barat. Padahal, letaknya cukup jauh dari SIER,’’ ujar Sabar. Kesulitan tersebut disebabkan ekspatriat punya standar hunian yang tinggi.

Pihaknya tengah menggalakkan proyek apartemen BeSS Mansion yang terletak di dekat SIER. Proyek yang terdiri atas 800 unit dan 2 penthouse itu dibangun tahun depan. BeSS Mansion dikerjakan entitas PT Mandiri Sukses Sejahtera. Sabar menyatakan, ekspatriat menjadi pangsa pasar yang cukup menggiurkan. Dia berharap ekspatriat nanti menjadi penyewa unit di BeSS Mansion. Mayoritas pembeli unit saat ini adalah masyarakat domestik dari kawasan Indonesia Timur (Intim).

Sabar berencana bekerja sama dengan agen properti dari negara lain, yakni Singapura, Taiwan, dan Korea Selatan. ’’Negara-negara itu adalah negara asal investor asing. Mereka tertarik untuk membuka pabrik di Jatim karena fasilitas dan perekonomian Jatim kondusif,’’ ungkapnya. Dia menargetkan tahun ini unit BeSS Mansion mampu terjual sekitar 100 unit.

 

Source JP

- Krucil -