Artikel
Delapan Korporasi Minati Kawasan Terintegrasi JIIPE
Aktivitas bongkar muat di kawasan terintegrasi Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur.

Kawasan pelabuhan industri Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) kini menjajaki kerja sama dengan delapan perusahaan yang menyatakan minat berinvestasi di area terintegrasi tersebut. Selain delapan korporasi itu, JIIPE telah menjalin kemitraan dengan lima perusahaan.
Managing Director JIIPE Johannes Mardjuki menjelaskan, delapan perusahaan yang menyatakan minat bertanam modal tersebut bergerak di bidang makanan, kimia, pengharum, pakan hewan, dan baja. ’’Saat ini mereka dalam proses negosiasi,’’ ujarnya. Meski begitu, dia memperkirakan nilai investasi delapan perusahaan itu bisa mencapai USD 2 miliar sampai yang didirikan PT Usaha Era Pratama Nusantara (anak usaha PT AKR Corporindo Tbk) dan PT Berlian Jasa Ter minal Indonesia (anak usaha PT Pelindo III). ’’Saat ini, di antara lima investor, dua perusahaan mulai membangun.
Di antara dua perusahaan yang mulai membangun tersebut, satu perusahaan sudah beroperasi,’’ ucapnya. Perusahaan yang sudah beroperasi adalah PT Unichem Candi Indonesia. Sementara itu, satu perusahaan lagi diperkirakan baru beroperasi pada tahun depan. Total investasi kedua perusahaan tersebut diperkirakan mencapai Rp 2 triliun.
Mereka bergerak di bidang kimia, garam, pupuk, dan kemasan dengan dua PMA (penanaman modal asing) dan tiga merupakan PMDN (penanaman modal dalam negeri). Dia menambahkan, 60 persen investor yang berminat masuk berasal dari lokal. Sisanya, 40 persen, merupakan investor asing. Pada awal kuartal ketiga tahun ini, JIIPE menyiapkan pasokan listrik 23 mw.
Pada kuartal kedua tahun ini, JIIPE menyediakan pasokan air dan gas. ’’Dukungan infrastruktur lainnya juga sedang dipersiapkan,”.

Source JP.